Selasa, 10 September 2013

BATIK ADALAH IDENTITAS BANGSA



Batik merupakan suatu hasil cipta manusia yang sudah ada sejak jaman kerajaan di Indonesia, bahkan para keluarga kerajaan sendiri yang membuat dan menciptakan motif sendiri dan system pewarnaannya menggunakan warna alam. Batik mempunyai nilai falsafah yang begitu luhur dan begitu saklar. Batik juga menggambarkan jati diri budaya masyarakat tertentu, ini terlihat dari motif-motif yang berbeda dari tiap daerah karena batik merefleksikan budaya daerah tersebut. Selain itu Batik juga memberikan suatu gambaran dari tentang prinsip perbedaan tetap indah. Walaupun dalam satu motif terdiri dari berbagai macam gambar dan bentuk dan berbagai warna tapi masih begitu indah dan mempesona.
Batik juga menunjukkan jiwa bangsa Indonesia yang sudah mulai luntur yaitu kesopanan,kesedehanaan dan kegotong royongan. Kesopanan ,kesederhanaan dan kegotong royongan dalam sebuah batik dapat kita lihat mulai dari proses membatik sampai menjadi sebuah kain batik. Dalam proses membatik sampai jadi melibatkan banyak orang mulai dari mencantingnya sampai kepewarnaannya, kalo cuma dilakukan 1 orang pasti hasilnya tidak akan bagus dan proses jadinya juga memakan waktu yang sangat lama sekali. Sehinga dengan melestarikan batik sama saja kita mempertahankan dan menjiwai jiwa Indonesia.
Batik juga merupakan pengabdian masyarakat indonesia, karena kegiatan membatik di Indonesia mencapai ke pelosok-pelosok daerah dan merupakan perwujudan rasa cinta dan kepedulian kita masyarakat indonesia kepada budaya yang diwariskan nenek moyang kita kepada generasi sekarang.
Begitu besar dan luhurnya nilai yang terkandung dalam sebuah batik sehingga batik bisa menunjukkan Identitas Bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar